Jumat, 02 Desember 2011

pengantar komputer 1C

SOAL ! pengantar komputer 1C

1.   Jelaskan ciri-ciri komputer generasi ke-2 dan ke-3 ?
Jawab :
Generasi ke-2 : Transistor merupakan cirri khas komputer generasi kedua. Bahkan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu :”basic”, “collector”,  dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Transistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya resistor yang ada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi.
Generasi ke-3 : Konsep semakin kecil dans emakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silium yang mempunyai ukuran beberapa millimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai integrated circuit atau IC-Chip yang merupakan cirri khas komputer generasi ketiga.

2.   Apa yang di maksud dengan aplikasi komputer, jaringan komputer, dan aplikasi website ?
Jawab :
Aplikasi Komputer : yang dijalankan dan diterapkan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Contoh : MYOB, WORD, Kalkulator, dsb.
Jaringan komputer : bagian dari aplikasi komputer yang menggunakan sebuah jaringan komputer yang bertujuan untuk melakukan komunikasi. Contoh : Skype, Google Talk, dll.
Aplikasi Website : merupakan bagian aplikasi komputer yang menggunakan bahasa HTML yang ditampilkan pada sebuah browser sebagai media informasi yangdapat diakses diseluruh dunia. Contoh : Facebook, Twitter.

3.   Bila terjadi kasus :
a.      Sebuah Perusahaan “XYZ” menggunakan kertas secara berlebihan, tekhnik apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan kertas ?
Jawab : Menggunakan Paperless Karena berkurangnya tumpukan kertas yang dapat mengganggu kerapian ruangan sebuah kantor dan mengganggu kenyamanan bekerja dan menjamin keamanan dokumen, karena sebuah dokumen hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu saja sesuai opsi yang ditentukan oleh distributor data
b.      Perusahaan “123” menggunakan pulsa handphone secara berlebihan untuk kegiatan usahanya, cara atau tekhnik seperti apa yangdilakukan untuk mengurangi pulsa ?
Jawab : Menggunakan Internet. Dengan menggunakan dunia internet, kegiatan usaha bisa dilakukan dengan menggunakan dunia maya saperti facebook karena lebih efisien.
4.   Apa yang dimaksud dengan otomatisasi perkantoran. Jelaskan juga tujuan dari otomatisasi perkantoran ?
Jawab : mencakup semua sistem elektronik formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun diluar  perusahaan. Otomatisasi perkantoran digunakan oleh semua orang yang berkerja dalam kantor. Yang meliputi Manajer, Profesional, sekretaris, Employer, dll. Contohnya : Word Procesing. Tujuannya yaitu : berkomunikasi lebih baik dan karenanya menyediakan informasiyanglebih baik untuk pengambilan keputusan.

5.   Jelaskan dampak IT bagi kehidupan kebiasaaan masyarakat ?
Jawab :
Dampak Positif : Dapat dengan mudah mencari informasi yang kita inginkan di internet dan dengan adanya program internet pula, pelosok desapun kini bisa menilmati adanya IT.
Dampak Negatif : Pada dunia remaja, banyak kenakalan remaja yang di akibatkan dari situs internet seperti menonton porno dengan situ-situs yang banyak banget di internet dan dampak lainnya yaitu banyak orang yang lupa waktu akan tugas yang akan dikerjakan.

6.   Apa yang dimaksud dengan desktop publishing ( DTP ) ?
Jawab : Desktop publishing adalah istilah yang diciptakan setelah pengembangan jenis tertentu dari perangkat lunak. Ini tentang menggunakan software yang untuk menggabungkan dan mengatur ulang teks dan gambar dan membuat file digital.
7.   Dalam Microsoft word terdapat satu buah perintah, jelaskanfungsi dan perintahnya :
Jawab :
a) Fungsi dari membuat rumus tersebut yaitu memudahkan user dalam membuat tampilan ketikan rumus pada Ms. Word. Perintah yang harus dijalani yaitu, Klik insert lalu pilih equation didalamnya terdapat bentuk penulisan rumus-rumus.
b) Fungsi mail merge yaitu memudahkan user memperbanyak surat dengan pola dengan bentuk yang sama namun beberapa perbedaan di bagian-bagian tertentu yang umumnya pada nama atau alamat tujuan. Cara menjalaninya yaitu, -Klik pada mailings lalu pilih start mail merge→letters→select recipients→type new list→lalu ketikkan nama dan alamat yang dituju.
c) Fungsi dari membuat daftar isi yaitu agar memudahkan user untuk membuat suatu daftar isi. Cara menjalani perintahnya yaitu, pada references klik table of contents lalu pilih bentuk daftar isi yang dinginkan.
8.   Jelaskan keuntungan menggunakan handphone yang memiliki fungsi GPS dan koneksi internet dibandingkan dengan handphone yang tidak memilikinya ?
Jawab : Dengan menggunakan GPS, GPS memungkinkan kita untuk melihat dimana posisi geografis kita (lintang, bujur, dan ketinggian di atas permukaan laut) di muka bumi. Jadi dengan teknologi GPS, kita dapat mengetahui dimana posisi kita berada dan dengan adanya koneksi internet, kita lebih mudah mengakses dunia luar dan sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar